Rabu, 26 Maret 2014

Sejarah Microsoft SQL Server


Pada tahun 1988 microsoft mengeluarkan sql server yang di kembangkan bersama sybase.Awalnya SQL Server dirancang untuk dapat berjalan pada platform OS/2.
Selama awal tahun 1990-an,Microsoft mulai mengembangkan versi baru dari SQL Server untuk dapat berjalan pada platform NT.Selama tahap pengembangan ini,Microsoft memutuskan bahwa bahwa SQL Server bersifat tightly couplet (tingkat interaksinya tinggi) dengan sistem operasi NT.
Pada tahun 1993,Microsoft mengeluarkan windows NT 3.1 dan SQL Server 4.2 untuk NT.Hal ini menunjukkan bahwa filosofi microsof untuk menggabungkan high performasnce database dengan interface yang mudah di gunakan benar-benar terbukti.Ini menyebabkan microsoft dengan segera menjadi vendor software relational database yang popular.
Tahun 1994,microsoft dan sybase secara resmi mengakhiri kerjasama mereka.pada tahun1995,microsoft mengeluarkan SQL Server 6.0.Rilis ini merupakan penulisan ulang teknologi utama SQL Server dengan peningkatan pad kinerjanya,replikasi build in,dan pengiriman apliksi yang terpusat.
Pada tahun 1996 microsoft mengeluarkan SQL Server 6.5.Versi ini membawa peningkatan dan perbaikan pada teknologi yanga ada dengan menciptakan future-future baru.Pada tahun 1997 microsoft mengeluarkan SQL Server 6.5 Enterprise edition.SQL Server 7.0 yang merupakan engine database yang di tulis ulang secara lengkap di keluarkan pada tahun 1998.
Tahun 2000,Microsoft mengeluarkan SQL Server 2000.dan versi ini di kembangkan berdasarkan  SQL Server 7,0 framework.Menurut tim pengembang Microsoft SQL Server ,perubahan pada engine database SQL Server 2000 ini dirancang dan di siapkan untuk bertahan sampai dengan 10 tahun ke depan.

Fitur-Fitur Pada SQL Server 
Guna memenuhi permintaan pasar terhadap solusi management data,SQL Server selalu berusaha untuk meningkatkan performancenya dengan menghadirkan fitur-fitur yang menjadikannya pilihan terbaik untuk system management tool and tuning dengan skalabilitas dan reliabilitas yang baik.

Data Transformasi Service
Layanan yang memudahkan transformasi,ekstraksi dan proses load data dari berbagai sumber.

English Query
Layanan yang memugnkinkan user untuk mengajukan query dalam bahasa inggris sebagai pengganti penggunaan multi dimensional eXpression(MDX)

OLAP Flexibility
dimanfaatkan untuk multipel dimention types untuk menganalisa penyesuaian bisnis.

Data Mining
Dimaksud untuk menemukan pola dan kecenderungan serta prediksi terhadap bisnis aplikasi di masa yang akan datang.

Indexing View
Meningkatkan kinerja dengan penyimpanan hasil query sehingga di harapkan dapat dapat mengurangi response time.

VI SAN (Virtual System Area Network)
Meningkatkan kinerja keseluruhan sistem yang ada

Sebenarnya masih banyak lagi fitur-fitur dari SQL Server saat ini,namun itu saja sudah cukup untuk jadi pembelajaran saat ini.ini saja yang dapat saya sampaikan untuk saat ini.Jika ada yang mau di tanyakan silahkan berkomentar di bawah postingan ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentar Dengan Sopan Akan Lebih Baik